Sabtu, 26 Maret 2011

Nasib Musik Indonesia

Di jaman yang serba modern ini, yang semua serna menggunakan teknologi ini. Indonesia sudah menjadi negara yang cukup mengikuti jaman ini. Di jaman se modern ini, banyak sekali hiburan yang ditawarkan, misalnya musik, film, game, dan lain sebagainya.

Di sini saya akan membahas tentang musik di indonesia.
Musik sudah ada sejak jaman dahulu, tetapi pada jaman dahulu musik digunakan sebagai sarana pendukung upacara adat. Namun pada saat ini, musik sudah menjadi bahan hiburan. Maka musik ini sudah terjadi perubahan fungsi.


Pada abad 19an musik-musik luar negeri mulai masuk ke indonesia, misalnya regee, jazz, rock, dan masih banyak yang lain. hal itu menjadikan banyak sekali aliran musik yang ada di Indonesia ini. Hal ini berdampak positif bagi kancah hiburan di Indonesia, karena banyak sekali jenis aliran musik di Indonesia, yang tidak menyebabkan masyarakat jenuh dengan musik.
Namun pada kenyataan dalam 1 dekade terakhir ini, musik di indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis. Penurunan itu berupa tidak munculnnya semua aliran musik di media-media telekomunikasi kita, lebih spesifiknya di tv. Kita bisa lihat, sekarang di tv didominasi oleh munculnya musik beraliran POP saja.Padahal kan masih banyak aliran yang lainya. hal ini semakin diperkuat dengan adanya acara penghargaan atau awards yang sering disiarkan di tv juga. Di penghargaan ini nominasi dan pemenangnya adalah mayoritas pemusik atau penyanyi yang beraliran pop. Selain dalam penghargaan, ada lagi yang membuktikan, yaitu lewat download lagu. Download lagu yang sekarang mayoritas gratis, yang umumnya disukai para pemuda ini, yang paling populer di download adalah lagu beraliran pop. Lihat saja pada link di sini : http://gudanglagu.com/tanggalagu.php
Benar bukan, bahwa semua lagu beraliran pop atau yang sekarang dikenal sebagai melow.
Nah, Sekrang pikirkan jika perjalanan musik di indonesia seperti ini terus. Bagaimana musik indonesia dimata negara luar, dan bagaimana musik indonesia bisa menyaingi musik luar negeri???
makanya saya tidak menulis grup musik yang melow(lebay-lebay gitu).
Maka daripada itu, saya selaku orrang yang agak perihatin dengan perjalanan musik di indinesia mengharapka "JANGAN MENYERAH PARA PEMUSIK DI INDONESIA" tetaplah ciptakan karya-karyamu apapun itu aliranmu, mau rock, punk, regee, jazz, dan lain sebagainya. Jangan pedulikan yang diluar.

4 komentar:

  1. til jenengmu i sopo to asline ???kok setyo pratomo

    BalasHapus
  2. sriyono setyo pratomo,,pie to???
    apik to postinganku??

    BalasHapus
  3. Setuju banget ama agan ini... Jangan mau kalah sama boyband n girlband yang cuma " lucky people " mereka cuma boneka para produser musik yang di gunakan untuk meraup keuntungan dari masyarakat yang tengah rusak selera musiknya... Ga ada sama sekali bakat seorang musisi di diri mereka.. Hanya karna akal akalan para produser aja supaya produk mereka laku dengan cara pemasaran yang merusak selera musik orang Indonesia..

    Jangan pernah bilang Rock telah mati.. Karna musik Rock akan selalu hidup di hati para Rocker ..

    BalasHapus